Bulan Nopember merupakan bulan yang istimewa bagi bangsa Indonesia, karena di bulan ini bertepatan dengan jatuhnya Hari Pahlawan yang diperingati tiap tanggal 10. Beragam agenda dilakukan untuk mengingatkan kembali jasa para pahlawan, apalagi di Kota Surabaya yang punya memori khusus di momen ini. Salah satunya yaitu dilakukan dari ranah kuliner, yang menghadirkan Sego Pahlawan Suroboyo.

julajuli.com

Yohan Afrianto, Chef de Partie Hotel Palm Park Surabaya sengaja menghadirkan Sego Pahlawan Suroboyo di momen Hari Pahlawan. Sego Pahlawan sendiri memadukan nasi putih dan nasi jagung yang dibentuk tumpeng mini. “Orang pejuang dulu kalau makan nasi jagung, karena nasi putihnya diambil sama penjajah,” tutur Chef Yohan, saat ditanya alasan menghadirkan sego jagung alias empog.

julajuli.com

Selain mengombinasikan nasi putih dan nasi jagung, dalam seporsi Sego Pahlawan ini hadir diantaranya tahu, tempe, telur dadar, ikan asin jambrong, sate kelop, sambel (sambel ijo ketumbar dan sambel terasi) serta pentol bakar sebagai lauk. Yohan menambahkan, dalam kudapannya kali ini ia ingin menonjolkan lokalitas rasa. Karena porsinya yang cukup jumbo, Sego Pahlawan ini bisa dinikmati dua sampai tiga orang.