Dinas Perdagangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan IBT center Surabaya kembali menggelar Indonesia Bagian Timur (IBT) Expo. ‘Akselerasi Perdagangan dan Investasi Indonesia Bagian Timur di Era Revolusi 4.0’ jadi tema utama pada gelaran IBT yang kali ini memasuki tahun ke-empatnya. Bertempat di Garden Palace Hotel Surabaya, IBT digelar selama tiga hari yaitu tanggal 14-16 Nopember 2019.

Max Gahara, Vice President IBT menuturkan IBT kali ini diikuti beberapa wilayah di Indonesia Timur seperti  Papua, Maluku, dan Sulawesi Selatan untuk memasarkan komoditas unggulan diantaranya kopra, pala, panili, kelapa, mente, dan jagung. “Total stan yang berpartisipasi kali ini ada 48 stan yang membawa produk ungulan dari masing-masing daerah, khususnya yang mewakili Indonesia bagian timur,” ungkap Max yang kali itu mengenakan setelan berwarna hitam saat ditemui pada Senin (11/11).

Salah satu rangkaian acara yang digelar di IBT Expo adalah Misi Dagang-Bursa Komoditas yang berfungsi sebagai marketplace untuk mempertemukan calon investor dengan pelaku bisnis serta sebagai sarana saling tukar informasi, kerjasama regional bahkan transaksi bisnis antar negara. Max menambahkan “Bursa komoditi ini bisa jadi pusat transaksi di Indonesia timur. Sehingga para buyer tidak perlu jauh-jauh ke sana. Nanti semuanya terpampang detil mulai dari harga, pengiriman barang, asuransi di layar yang bisa diakses dengan datang langsung ke kantor IBT Center.”