Tepat di Hari Guru 25 Nopember 2019 ini, Surabaya memiliki jujugan wisata pendidikan yang baru. Diresmikan langsung oleh Walikota Tri Rismaharini, Museum Pendidikan Surabaya sudah dibuka dan bisa dinikmati pengunjung. Berada di Jalan Genteng Kali 10, lokasi ini merupakan bekas sekolah Taman Siswa pada zaman pra kemerdekaan.

 

julajuli.com

Selain dijadikan museum, dalam sambutan pembukaannya, Risma juga ingin menjadikan tempat ini sebagai Rumah Bahasa dan Rumah Matematika. Beberapa ruangan juga dikosongkan untuk kegiatan yang mendukung pendidikan belajar siswa di luar sekolah. "Silahkan kepala sekolah kalau mau digunakan, disini ada ruang untuk diskusi. Ini gratis,” ujar Risma.

 

julajuli.com

julajuli.com

Terhubung langsung dengan taman ekspresi di bagian belakang gedung, pengunjung bisa menikmati koleksi barang-barang pendidikan dan pengajaran seperti manuskrip buku-buku dan kitab lama, sabak, papan tulis beserta bangku kayu yang biasa digunakan pada masa sekolah jaman dahulu. Ada juga diorama-diorama yang menceritakan tentang proses belajar mengajar mulai dari masa pra sejarah, masa penjajahan, hingga masa modern.

Museum ini beroperasi setiap hari Selasa sampai Sabtu. Pengunjung bisa langsung datang antara jam 08.00 sampai dengan 16.00