Pamor buah kedondong sebagai bahan dasar makanan sepertinya belum cukup tenar. Maklum saja, buah yang identik dengan bagian bijinya yang berakar ini variasi pengolahannya cukup terbatas. Pernahkah Anda mencoba makanan dengan kedondong sebagai salah satu bahan dasar?

Punya karakteristik rasa buah yang masam, kedondong umumnya hanya diolah menjadi minuman atau sambal. Namun di tangan Sandy Sumartono, Sous Chef Midtown Residence, kedondong disulap menjadi hidangan nikmat yaitu sup buntut kedondong. Sandy menggunakan daun kedondong untuk membuat aroma bertambah kuat. “Sop biasanya dimasak cuma sayur aja, di sini dikreasi dimasak pakai kedondong. Aromanya dapat,” ungkap Chef Sandy saat ditemui pada Kamis (9/1).

Potongan wortel dan kentang dipadukan dengan bumbu merah untuk menghadirkan warna merah pada kuah, membuat rasa sop buntut kedondong ini sungguh magis. Di bagian atas sup ditambah serutan buah kedondong dan taburan bawang goreng. Perpaduan rasa kecut dan gurih yang pas membuat hidangan ini jadi salah satu kuliner di Surabaya yang wajib dicoba.