Setelah sebelumnya berhasil dalam berbagai program pengelolaan sampah, RT. 23 Kelurahan Sekardangan, Sidoarjo yang lebih dikenal dengan Kampung Edukasi Sampah membuat inovasi baru yaitu program warga peduli terhadap keselamatan dan kesehatan.

 

julajuli.com

Ketua RT sekaligus pengelola Kampung Edukasi Sampah, Edi Priyanto mengatakan dirinya sengaja membuat program tersebut bersamaan dengan momentum bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional. Edi melihat selama ini yang menjadi perhatian dalam penerapan K3 adalah hanya pada pekerjaan formal saja seperti pada industri dan perusahaan, sedangkan aktifitas non formal seperti aktifitas keseharian yag dilakukan oleh warga dalam masyarakat banyak luput dari perhatian bersama.

julajuli.com

Edi kembali menjelaskan, guna menunjang programnya tersebut, beberapa aktivitas yang dilakukan bersama warga diantaranya adalah aktivitas kesiapan menghadapi tanggap darurat, yaitu mekanisme apabila terjadi keadaan darurat di wilayahnya, seperti kebakaran, gempa bumi, warga sakit/kecelakaan mendadak, warga meninggal, dan lain-lain. “Warga yang tergabung dalam tim diberikan pembekalan dan latihan secara berkala bagaimana melakukan evakuasi warga, teknik pemadaman terhadap kejadian kebakaran awal, cara membawa korban kecelakaan/sakit menuju puskesmas/rumah sakit terdekat,” ujar Edy.