Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur meluncurkan kalender wisata Jawa Timur 2020 pada Senin (27/1). Peluncuran ini sekaligus sebagai upaya untuk mempromosikan kegiatan budaya dan pariwisata di Jawa Timur secara nasional maupun internasional. juga menjadi magnet bagi peningkatan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara.

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jatim menuturkan Jawa Timur punya banyak potensi wisata yang bila digarap dengan serius keindahannya bisa menyaingi wisata sejenis di provinsi lain. Khofifah mencontohkan varian pantai yang ada di Bali dan Banyuwangi akan bersaing dengan jajaran pantai-pantai baru yang ada di wilayah Malang bagian selatan. “Dengan berbagai atraksi budaya, Jatim punya wisata yang bisa jadi gravitasi wisata dari luar negeri,” ungkap Khofifah.

julajuli.com

Pada tahun 2020 terdapat 445 kegiatan budaya dan pariwisata yang diselenggarakan di 38 Kabupaten/Kota Jawa Timur. Bila dirincikan terdapat 113 festival dan 332 non festival. Kegiatan tersebut diantaranya Jazz Bromo, Malang Flower Carnival, Grand Final Kerapan Sapi, dan Pasuruan Bromo Marathon.